Simpang Lima Gumul ala Arc de Triomphe Paris

Lebih tepatnya simpang lima Gumul, karena disinilah titik dimana pertemuan 5 ruas jalan berada dititik simpang Gumul ini.

simpang lima Gumul

Terinspirasi dengan Arc de Triomphe dan Arc de Triomphe du Carrousel maka dibangunlah monumen megah nan cantik. Berada di desa Tugurejo Kabupaten Kediri Jawa Timur, Tugu ini mempertemukan ruas jalan menuju Pare, Pagu, Plosoklaten, Gampengrejo, dan Pesantren. Yang lebih dikenal dengan nama proliman atau perlimaan yang hanya berjarak 6km dari pusat kota Kediri.

Arc de Triomphe

Dengan luas sebesar 804 meter persegi, berketinggian hingga 25 meter. Di lantai dasar, Anda dapat menjumpai tiga buah tiang tumpuan setinggi tiga meter. Angka ini merujuk pada hari lahirnya Kediri, yaitu tanggal 25 Maret tahun 804 Masehi. Pembangunan monumen di Simpang Lima Gumul ini dimulai sejak tahun 2003 hasil prakarsa Bupati Kediri dan memang ditargetkan sebagai salah satu sentra ekonomi baru sekaligus ikon Kabupaten Kediri.

Arc de Triomphe du Carrousel

Anda dapat menjumpai arca Ganesha di setiap sisi monumen ini. Arca ini adalah simbol atas Pengetahuan serta Kecerdasan, di samping pula sebagai simbol Kebijaksanaan, Penolak Bala, dan Pelindung. Selain itu, terdapat pahatan-pahatan relief yang menceritakan sejarah Kabupaten Kediri.

Ganesha di keempat sudut

Ganesha di keempat sudut

Ada 16 gambar yang terpahat di sana, 9 di antaranya menggambarkan seni dan budaya Kediri. Di dalam Monumen Simpang Lima Gumul, terdapat ruang pertemuan yang berada di gedung utama. Pada lantai atasnya, ada sebuah auditorium dan Anda dapat menjumpai minimarket yang menjual suvenir di lantai bawahnya. Selain itu, terdapat ruang serba guna di basement gedung.

Pahatan monument

Pahatan monument

Ada baiknya jika berwisata ke Kota Kediri atau melewati Kediri disempatkan untuk singgah di Monument ini karena spot foto yang menarik juga kadang pemerintah daerah menggelar seni dan budaya dan produk-produk unggulan Kediri.

Disamping Monument ini juga terdapat Gumul paradise Island. Tempat ini menyediakan wahana permainan dan hiburan menarik, seperti bodyslide, speedslide, funboomerang, kolam jamur, kolam bak tumpah, hingga flyingfox. Fasilitas yang tersedia juga terbilang lengkap, seperti mushala, toilet, foodcourt, giftmart, dan loker.

Bagaimana? sudah mempersiapkan planning liburan keluarga anda ke Monument Gumul ini.. [Sarah A]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s