Tooth Ache

Tooth ache atau sakit gigi memang teramat sakit, dan kalaupun lirik sebuah lagu “dari pada sakit hati lebih baik sakit gigi ini….” kalau menurutku sama sakitnya, sama nusuknya, sama deritanya.

Apalagi disaat yang tidak tepat seperti pagi ini, dikala waktu menunjukkan 02:01 dini hari, disaat yang lain sudah terlelap dalam tidurnya aku masih memegangi pipi sebelah kanan dan secara iklas menerima deritanya ūüôā .

Konon katanya untuk meredam sakit gigi baiknya berkumur dengan air garam, mungkin hanya sesaat saja hilangnya setelah itu kambuh lagi ūüė¶ . Konon kabarnya sakit gigi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke hmm..tidak bisa dianggap remeh nih.

Sebenarnya apa sih penyebab gigi berlubang?

  1. Cara menyikat gigi yang keliru; Bicara tentang sikat gigi, pasti rata-rata orang menganggap kegiatan ini mudah dilakukan, tapi ternyata kebanyakan dari mereka masih salah melakukannya. Sebuah penelitian mengatakan waktu menyikat gigi yang baik berkisar antara 1 menit sampai 2 menit. Jadi dalam menggosok gigi ini kita mesti mengusahakan untuk menyikat gigi dengan cara memutar-mutar dan untuk lebih maksimal menyikat giginya depan cermin biar keliatan sisa sisa makanan yang ada disela-sela gigi. Ada lagi nih.., setelah mengkonsumsi minuman berenergi, bersoda,dan asam lainnya, jangan langsung menyikat gigi. Karena menyikat gigi bisa menyebabkan zat asam tersebut tersebar merata di semua gigi. Jadi berkumur-kumur aja dulu biar bakterinya yang ada ilang, baru deh sikat giginya .
  2. Frekuensi yag jarang; Biasanya Sikat gigi dilakuka setiap kali mandi secara rutin. dua kali dalam sehari adalah angka minimal untuk menyikat gigi. Tau gak sih..Jarang menyikat gigi dapat mengakibatkan gigi mengalami kerusakan permanen dan gigi lebih rapuh. Makadari itu untuk mendapatkan hasil maksimal, jadi frekuensi sikat gigi yang lebih sering akan meminimalisir pertumbuhan bakteri pada gigi and menjaga kebersihan gigi .maka dari itu mari biasain untuk sikat gigi 15 menit setelah makan dan sebelum tidur.
  3. Alat yang digunakan;
    Bicara soal alat yang digunakan , Gigi geraham adalah gigi yang paling sering bermasalah, karena terletak di belakang dan membuatnya agak sulit terjangkau oleh sikat gigi. Bentuk mulut juga berpengaruh. Bentuk mulut yang cenderung menyempit di bagian belakang juga akan mempersulit pembersihannya, belum lagi jika bentuk kepala sikat gigi yang cenderung besar.
  4. Makanan yang terlalu manis (*kek aku terlalu manis :p); Bahas maslah manis siapa sih yang gak suka..?? tapi tau gak sih gula adalah salah zat yang menjadi penyebab gigi mudah berlubang. Jadi usahakan zat gula yang masih tersisa di sela-sela gigi di besihkan kerena akan menjadi penyebab gigi berlubang. Kurangilah mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu yang banyak mengandung gula.

Apa yang dilakukan untuk mengobati/meredakan sakit gigi berlubang?

  1. Membersihkan mulut gigi; Bakteri adalah penyebab utama sakit gigi karena bakteri dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Jadi jangan lupa or malas untuk membersihkan mulut terutama setalah kalian selesai makan.
  2. Jeruk nipis; Jeruk nipis juga obat loh. caranya teteskan sesendok demi sesendok pada bagian gigi yang sakit setiap 10 menit, sampai sari jeruknya habis. Vitamin C pada sari jeruk juga bisa meredakan sakit gigi dan itulah jeruk nipis menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi belubang
  3. Garam; Ternyata dibalik rasa asin pada garam ada kandungan yodium yang ternyata bisa meringankan ngilu pada gigi. Gini nih caranya, larutkan garam dalam segelas air mineral hangat kemudian Aduk, abis itu gunakan sebagai mouthwash sampai kalian merasa cukup nyaman dan gak terlalu tersiksa karena rasa sakit gigi. Tapi, kalian gak dianjurkan langsung mengunyah garamnya, karena penyebarannya tidak sampai pada sela -sela gigi.
  4. Belimbing wuluh; Caranya Ambil beberapa buah belimbing wuluh Cuci bersih, kedian makan dengan menggunakan garam. Kunyah perlahan dengan menggunakan gigi yang sakit.
  5. Cengkeh; Cengkeh juga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi karena Cengkeh ini memiliki anti Рinflamasi, antioksidan, anti bakteri dan sifat anestesi. Caranya semprotkan sedikit minyak cengkeh ke kapas lalu tempelin pada gigi yang sakit. kalian juga bisa campurin beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam gelas berisi air untuk berkumur.
  6. Bawang putih; Bawang putih yang memiliki sifat antibiotik ini sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya ambil satu siung bawang putih tumbuk sampai halus, tambahkan garam dan oleskan langsung pada gigi yang terasa sakit. Ulangi perawatan ini sampai beberapa hari . (*macam vampir aku eneg banget aroma bawang putih)
  7. Bawang merah; Kita lanjut ke Bawang merah yang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang ternyata bisa untuk mengontrol sakit gigi. caranya Ambil satu siung bawang merah mentah terus mengunyahnya sempai beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi ilang. Tapi jika kalian gak bisa mengunyah, gosokin ajah pada gigi yang sakit. Ini akan membant membunuh bakteri di mulut penyebab infeksi.
  8. Daun jambu biji; Daun jambu biji ternyata juga bisa meredakan sakit gigi. Caranya kalian cukup Kunyah satu atau dua lembar . terus gosokkin pada gigi yang sakit Atau bisa juga masak dan tambahakan garam sampai mendidih 4-5 daun jambu biji pada segelas air..
  9. Lada; Lada akan Obat sangat berguna ketika gigi sangat sensitif. caranya Ambil merica dan garam dengan jumah yang sama terus campurkan beberapa tetes air untuk membentuk pasta. Lalu Oleskan pasta langsung pada gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Kalau perlu Ulangi kegiatan ini setiap hari hingga beberapa hari hingga sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang berkurang.
  10. Asam jawa; Untuk biji asam jawa ini , cukup kalian sangrai bijinya, lalu haluskan sampai sehalus halusnya. kemudian oleskan pada bagian gigi anda yang sakit.

Itu 10 cara mengobati sakit gigi berlubang yang hanya menghilangkan deritanya sementara saja, selebihnya segera ke dokter gigi langganan atau ke puskesmas terdekat. Jangan sekali-kali mencabut gigi secara dipaksakan misal dengan tali,tang,dan dicongkel pakai tangan jika gigi masih tertanam di gusinya sumpah itu sakit! ūüėÄ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s