Belajar Budaya

jauh sebelum teknik olah pikir dikembangkan di dunia barat, di dunia timur telah mengetahui bahwa pikiran adalah pelopor,pembentuk,pencipta. dan salah satu dunia timur itu adalah nusantara.hanya saja karena telah banyak terdistorsi oleh fenomena sosial dan politik maka kebudayaan nusantara khususnya jawa lambat laun tergerus, sirna, baik itu tidak disengaja atau bahkan sangat disengaja. kebudayaan jawa di diskreditkan, dikotomi, d stigma negatif, dgn dlatar blakangi berbagai kepentingan culas oleh para begundal asing yang tidak menginginkan bangsa ini merdeka lahir batin!!!(dancuk!!)

Dan agenda sekolah budaya kampung tunggul wulung tadi malam adalah membahas tentang khasanah olah pikir yang mrmpertemukan satu ilmu mengenai pikiran, kesadaran, pencerapan dan perasaan dengan kemasan yang berbeda. mbah Yongki Irawan irawan mmgangkat hal tersebut dgn judul penuh misteri “nyai putut dan mistis jawa” serta ki Raden Satriadi CHt dengan tema hipnotetapis modern. dan ternyata dari dua maestro ini kita bisa menarik benang merah, bahwa ternyata bangsa kita memang telah “bermain” pikiran jauh sebelum bangsa barat bereksperimen dengan kekuatan pikiran ini.

sungguh adalah suatu keblingeran yang fatal yg mengatakan bahwa budaya jawa itu klenik, sarat akan nuansa demit, dan tidak masuk akal. nyatanya budaya jawa sangat mengena ketika dikupas, baik mlalui spiritual ataupun sains!!!

budaya jawa bukan soal suku, tapi soal laku kehidupan.

banggalah menjadi manusia nusantara yang njawani!!!!!!

Jaya-jaya wijayanti. Rahayu mulyaning jagad!

*taken from mbah dhtIMG_20160620_235554

IMG_20160620_215301

IMG_20160620_215236IMG_20160620_215301IMG_20160620_215236

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s